Minggu, 05 Juni 2011

Air terjun Way Lalaan, Kotaagung

Kabupaten Tanggamus kaya akan potensi obyek wisata. Salah satunya adalah wisata air Terjun Way Lalaan yang berada di Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur, yang saat ini mulai dikelola dan ditata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus. 

Obyek wisata ini memiliki dua air terjun. Dimana satu dari dua lokasi air terjun tersebut, telah didukung sarana infrastruktur wisata yang cukup memadai. Seperti, fasilitas kamar ganti pakaian, MCK, mushola, taman rekreasi serta parkir kendaraan bermotor.

Sementara lokasi air terjun yang kedua juga tidak kalah menariknya dengan air terjun yang pertama. Hanya saja dilokasi air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter tersebut, belum terdapat fasilitas wisata sebagaimana yang ada di air terjun pertama. 

Lokasi wisata air terjun Way Lalaan ini cukup strategis, karena berada hanya sekitar 1 Km dari komplek perkantoran Pemkab Tanggamus. Dimana pada bagian barat lokasi air terjun adalah perkampungan penduduk. 

Sementara di sebelah utara terdapat hutan belukar yang masih banyak ditumbuhi oleh kayu-kayu yang berukuran cukup besar. Demikian juga tatanan infrastruktur penunjang wisata, cukup apik dan menarik untuk didatangi.

Pasalnya, selain telah dilengkapi sarana wisata, dilokasi wisata ini, para pengunjung juga dapat melakukan uji fisik. Karena ruas jalan setapak menuju air terjun, pembangunannya memakai tatanan tangga yang berkelok dan menurun.

Kondisi ini sangat menantang para pengunjung yang ingin menguji kekuatan fisik. Dimana mereka dapat melakukan olahraga dengan cara turun dan kembali menaiki tangga secara berulang-ulang. Objek wisatanya masih alami. Dimana hebusan angin pegunungan dan air yang jernih merupakan pesona tersendiri," tuturnya.
Selain itu, keistimewaan lain yang dimiliki Way lalaan adalah, airnya sangat jernih dan dingin, serta udara pegunungan yang sejuk dapat menyegarkan para pengunjung.

Air terjun yang cukup besar ini, mata airnya berasal dari salah satu bukit yang berada di seputaran Gunung Tanggamus. Kealamian kondisi alam di sekitar Way Lalaan begitu mempesona untuk dinikmati. Apalagi lokasi wisata ini selain sangat dekat dengan komplek perkantoran Pemkab Tanggamus, juga berada hanya sekitar 8 kilometer dengan pusat ibu kota Tanggamus. 

Demikian juga dengan Kecamatan Gisting, jaraknya hanya berkisar antara 10 sampai 12 kilometer. Di kecamatan ini terdapat hotel yang cukup refresentatif, karena ada hotal-hotel serta wisma yang telah cukup dikenal masyarakat Lampung. Seperti Hotel 21 dan Hotel Villa Internasional, yang kerap dipakai para wisatawan jika mereka ingin berkunjung keberbagai obyek wisata di Kabupaten Tanggamus. 

Sumber:
http://www.radartanggamus.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar